TIPS PRAKTIS SEPUTAR KEHAMILAN


dr. Sheila Agustini

Kehamilan merupakan suatu proses fisiologis (alamiah) yang membawa perubahan besar tidak hanya pada diri calon ibu, tetapi juga berdampak pada calon ayah dan keluarga pada umumnya.  Bagi kebanyakan calon ibu, saat mendengar kabar untuk pertama kalinya bahwa ia mengandung akan menimbulkan perasaan bahagia yang luar biasa dan secara otomatis menyebabkan firasat keibuan untuk segera menyiapkan segalanya untuk kelahiran sang buah hati.

Selama kurang lebih 9 bulan, calon ibu akan mengalami perubahan fisik maupun mental saat dirinya tengah mengandung.  Tak jarang calon ibu mulai bersikap lebih ketat terhadap pola hidupnya seperti memperbanyak porsi sayur dan buah (walaupun sebelumnya ia tidak suka makan sayur dan buah), berhenti minum kopi, stop merokok, mengurangi porsi makanan yang tidak sehat seperti gorengan dsb.  Saat perut mulai membesar, ibu juga harus menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya yang kadang menyebabkan berkurangnya keseimbangan, munculnya garis-garis kehamilan yang menggangu secara kosmetik, tungkai yang bengkak dsb.  Untuk itu, berikut beberapa  tips praktis seputar kehamilan yang diharapkan dapat membantu para calon ibu untuk mengerti dan dapat menikmati kehamilannya :

UMUM

-Konsumsi makanan yang bergizi.
Bila dapat, usahakan makan dalam porsi kecil namun sering. Khusus bagi ibu hamil dengan riwayat sakit lambung (maag) sebelumnya, hindari makanan yang pedas, asam dan terlalu berbumbu.  Batasi konsumsi kopi dan teh dan hindari konsumsi alkohol. 
Kenaikan berat badan sebaiknya tidak terlalu berlebihan karena pertambahan berat badan yang drastis merupakan faktor resiko timbulnya darah tinggi selama kehamilan.  Jadi, jangan khawatir bila anda “hanya” bertambah ”sekian kilogram” atau bila bagi beberapa orang, anda terlihat “tidak cukup gemuk”. Lagipula, yang terpenting adalah bukan seberapa gemuk si ibu tetapi yang menjadi ukuran adalah janin berkembang sesuai dengan usia gestasinya. Tanyakan lebih lanjut mengenai berat badan janin setiap ibu berkunjung ke dokter ibu.

-Stop merokok bila ibu merokok sebelumnya. Selama kehamilan, sedapat mungkin hindari paparan dengan asap rokok (perokok pasif) karena seperti sudah diketahui, rokok dan asap rokok mengandung ribuan zat racun yang berbahaya bagi kesehatan.


-Istirahat cukup
Bagi orang normal, disarankan untuk memenuhi waktu tidur sekitar 8 jam per hari.  Selama kehamilan, beberapa calon ibu mungkin merasakan menjadi lebih mudah lelah dari biasanya walaupun beberapa calon ibu lainnya tidak merasakan ada perubahan apapun.  Dengarkan irama tubuh ibu, bila ibu sudah merasa lelah, jangan paksakan untuk beraktivitas dan segera beristirahat.  Bagi wanita bekerja, selama pekerjaan dan tugas-tugas tidak menyebabkan gangguan pada kehamilan ibu, ibu dapat terus melakukan pekerjaan dan pergi ke kantor hingga waktu untuk cuti melahirkan. Namun bila kehamilan dan tetap bekerja menyebabkan gangguan kesehatan yang serius seperti perdarahan atau pada kondisi leher rahim tidak kuat, dokter mungkin menyarankan ibu untuk cuti lebih lama.

-Bijaksana dalam konsumsi obat-obatan, produk herbal, vitamin
Semasa kehamilan, apa yang ibu konsumsi setelah melalui proses pencernaan akan ikut ke dalam sirkulasi darah janin sehingga ibu sebaiknya bersikap hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan dan vitamin maupun produk herbal yang tidak direkomendasi oleh dokter.  Vitamin kehamilan memang diperlukan untuk mencegah janin dari kekurangan zat gizi, vitamin dan mineral dan biasanya diberikan oleh dokter ibu.  Sedangkan untuk obat-obatan dan produk herbal, bahkan untuk obat batuk dan flu yang terkesan ”ringan”, bacalah labelnya dengan seksama.  Produsen obat diharuskan untuk mencantumkan adanya efek teratogenik / berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui bila produknya terbukti menyebabkan kelainan pada janin.  Untuk itu, sebelum mengkonsumsi obat-obatan, pastikan ibu telah yakin betul bahwa obat itu aman dikonsumsi ibu hamil. 
Dalam beberapa keadaan, memang ibu diharuskan untuk meminum obat oleh dokter misalnya untuk mengatasi muntah-muntah hebat (hiperemesis gravidarum).  Perlu diingat bahwa dokter akan memberikan obat pada ibu hamil setelah secara hati-hati menimbang manfaat dan resiko dimana akan lebih baik ibu meminum obat tersebut dibandingkan ibu dibiarkan dalam kondisi sakit dan stres yang berakibat buruk pada janin.

-Berpikir positif
Ibu hamil terutama mereka yang mengandung anak pertama tak kadang diliputi kecemasan berlebihan tentang kehamilan mereka ditambah lagi hormon yang sedang bergejolak dan menyebabkan perubahan mood yang nyata.  Tak jarang calon ibu menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, merasa ditinggalkan dsb. Kecemasan yang berkepanjangan sudah terbukti membawa pengaruh buruk pada pertumbuhan janin seperti berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.  Kadang memang bukan suatu hal yang mudah dalam menghadapi stres dalam kehidupan namun bila memang ibu sedang menghadapi suatu masalah, dapat dicoba terapi relaksasi seperti teknik pernafasan, yoga bagi wanita hamil,  meditasi dsb. Yang paling penting adalah selalu berpikir positif setiap hari bahwa kehamilan, persalinan hingga proses menyusui ibu akan berjalan lancar. Katakan hal ini berulang-ulang dan yakini dalam hati ibu sehingga perasaan akan menjadi lebih tenang dan terkendali.

-Komunikasi dengan janin
Janin sudah dapat mendengar suara sejak usia kehamilan 20 minggu.  Semakin tua kehamilan, ibu semakin merasakan interaksi dengan janinnya seperti tendangan, sundulan ringan, gerakan berputar dsb.  Jalin komunikasi dengan janin sejak ia masih dalam kandungan dengan mengajaknya bicara, mengelus perut ibu, mendengarkan musik klasik dsb.  Pada suatu penelitian disebutkan bahwa saat sang ibu meletakkan tangannya di atas perut dan berkomunikasi secara batiniah kepada sang janin untuk menendang pada posisi itu, janin lalu menendang tangan sang ibu.  Komunikasi batin antara seorang ibu dengan anaknya merupakan hal yang paling indah, jadi latihlan sedini mungkin. 

-Peran ayah
Bukan hanya calon ibu yang mengalami perubahan namun para calon ayah juga merasakannya.  Peran serta suami sangat diperlukan selama masa kehamilan.   Dukungan dan kasih yang tulus selama kehamilan akan membulan calon ibu merasa nyaman yang ujung-ujungnya juga membawa dampak positif bagi pertumbuhan janin di dalam kandungan.

-Senam hamil
Bila ibu merencanakan untuk melahirkan secara normal, ikutilah kelas senam hamil yang dapat dimulai sejak usia kehamilan 28 minggu.  Hampir setiap rumah sakit menyediakan program senam hamil bagi calon ibu dimana diajarkan teknik pernafasan yang benar, teknik mengejan, teknik menyusui, perawatan payudara selama kehamilan dsb.  Saat ini sudah banyak teknik pernafasan untuk wanita hamil seperti metode Lamaze, metode Le Boyer dan yang terkini adalah hypnobirthing.  Ibu dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai masing-masing teknik sebelum memutuskan teknik yang paling cocok dalam membantu ibu menghadapi kehamiilan dan proses persalinan nantinya.

KHUSUS

-Permasalahan pada kulit
Saat perut membesar sesuai dengan usia kehamilan yang bertambah, kulit akan mengalami peregangan karena kehilangan elastisitasnya sehingga dapat timbul guratan-guratan merah ungu hingga putih yang disebut sebagai stretchmark.  Stretchmark sering timbul pada perut, pinggul, bokong dan paha.  Hampir semua wanita hamil akan memiliki stretchmark pada tubuhnya.  Untuk mengurangi stretchmark yang timbul, biasakan mengoleskan krim anti stretchmark bahkan sejak usia kehamilan masih dini.  Saat ini telah beredar cukup banyak krim anti stretchmark di pasaran namun bacalah labelnya dengan seksama dan pastikan produk tersebut aman digunakan oleh wanita hamil.  Selain itu, pastikan ibu mengkonsumsi cukup air agar kadar kelembaban kulit tetap terjaga.
Selain stretchmark, masalah hiperpigmentasi berupa bertambahnya warna gelap pada bagian tubuh tertentu (mis : ketiak, leher,dagu) juga sering dikeluhkan.  Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon sepanjang kehamilan  Kadang keadaan ini disertai rasa gatal yang hebat.  Sebaiknya jangan digaruk karena dapat menimbulkan bekas yang permanen. Untuk mengurangi rasa gatal, peliharalah kuku agar tetap pendek dan bila memang rasa gatal sangat menganggu, dapat dioleskan bedak cair yang mengandung calamin atau hubungi dokter ibu untuk mendapatkan obat oles yang aman digunakan.

-Sering buang air kecil
Masalah ini cukup lazim dialami para wanita hamil terutama saat rahim semakin membesar dan menekan kandung kemih pada trimester terakhir.  Sebelum ibu berpergian, selalu kosongkan kandung kemih ibu di rumah dan juga saat ibu telah sampai di tempat tujuan.  Untuk mengurangi frekuensi terbangun pada malam hari untuk ke kamar kecil, biasakan kamar kecil sebagai tempat perberhentian terakhir sebelum ibu tidur.  Usahakan tidak minum terlalu banyak air sebelum pergi tidur. Namun demikian, jika memang keinginan untuk buang air kecil tidak tertahankan, betapapun malasnya ibu untuk kembali ke kamar kecil, jangan biasakan menahan bak karena dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi saluran kemih.

-Keputihan
Bertambahnya sekret vagina yang lebih banyak selama masa kehamilan merupakan proses alamiah selama cairan yang keluar tidak berbau, tidak berwarna dan tidak menyebabkan keluhan seperti gatal, rasa terbakar, perih pada kemaluan, nyeri saat buang air kecil.  Cairan yang keluar dari vagina dapat sangat banyak sehingga menyebabkan rasa lembab dan tidak nyaman. Ibu dapat menggunakan produk pembersih khusus pada daerah luar kewanitaan setiap kali habis mandi.  Bila perlu sering-seringlah mengganti celana dalam jika sudah terasa basah dan lembab. 
Bila cairan yang keluar berbau tidak enak, berwarna hijau/kuning atau menyebabkan keluhan, waspadai kemungkinan infeksi bakteri/jamur/parasit.  Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan obat yang tepat namun aman untuk digunakan selama masa kehamilan.

-Kram otot, varises
Perut yang bertambah besar menyebabkan beban yang disokong oleh tubuh ibu semakin berat.  Sering setelah berjalan banyak, berdiri lama, ibu mengalami bengkak pada tungkai, timbulnya varises / pembuluh darah yang melebar dan kram otot terutama pada otot-otot betis.  Gunakan alas kaki yang datar dan nyaman selama kehamilan.  Menggunakan sepatu berhak tinggi tidak dianjurkan apalagi pada trimester kedua dan ketiga dimana perut ibu sudah bertambah besar dan berat sehingga keseimbangan ibu terganggu.  Selain itu, saat duduk santai, ibu dapat mengangkat kedua tungkai dan menyanggahnya dengan bantal.  Bila tersedia, dapat digunakan produk spray khusus untuk mengurangi rasa kram pada tungkai.

-Gangguan tidur
Beberapa ibu hamil mungkin mengalami rasa kantuk yang berlebihan atau bahkan sulit tidur.  Apapun itu, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin yang sehat.  Untuk mengatasi insomnia, dapat dicoba beberapa tips praktis yang sudah diketahui seperti penerangan di kamar tidur yang tidak terlalu terang, mendengarkan musik klasik atau yang bertempo tenang, membaca buku sebelum tidur, meminum susu sebelum tidur dsb.

-Nyeri pada payudara
Payudara yang bengkak dan nyeri dapat terjadi seiring kelenjar-kelenjar air susu pada payudara menyiapkan diri untuk proses menyusui saat sang buah hati lahir.  Gunakan penyanggah payudara yang ukurannya sesuai-tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.  Sepanjang kehamilan, ukuran payudara bertambah besar sehingga diperlukan penyesuaian. Jika tersedia, belilah penyanggah payudara (bra) khusus kehamilan (maternity bra) yang sekarang banyak di pasaran atau nursing bra yang dapat digunakan hingga proses menyusui.  Mulai bulan ketujuh, lakukan perawatan berkala terhadap payudara ibu. Bila ada air susu yang keluar dan mengering, bersihkan lembut dengan baby oil agar sekret tidak mengering dan menutup saluran air susu.

-Hubungan seks
Umumnya hubungan seksual selama masa kehamilan tidak sepenuhnya dilarang namun hubungan seksual sebaiknya dihindari 6 minggu sebelum taksiran persalinan dan mutlak bila ibu termasuk dalam kelompok kehamilan resiko tinggi.  Carilah posisi yang nyaman bagi ibu dan suami dimana perut ibu tidak tertekan. Sebaiknya gunakan kondom dalam berhubungan karena sperma yang mengandung prostaglandin dapat memicu timbulnya kontraksi yang tidak diinginkan bila kehamilan ibu belum cukup bulan.

-Kontraksi palsu
Seiring usia kehamilan yang bertambah, kadang beberapa ibu merasakan rasa kencang pada perut namun tidak menyebabkan rasa nyeri.  Kontraksi palsu ini disebut sebagai kontraksi Braxton-Hicks dan merupakan hal yang biasa.  Kontraksi palsu biasanya sebentar, tidak menyebabkan rasa nyeri, hilang dengan istirahat/perubahan posisi, tidak disertai keluarnya lendir dan darah dan frekuensinya tidak teratur.  Bila ibu merasakan kontraksi yang teratur disertai pengeluaran lendir dan darah dari vagina,  kemungkinan ibu sudah dalam tahap awal persalinan.  Hubungi dokter ibu untuk melaporkan tanda-tanda yang ibu alami.

-Masalah pencernaan: konstipasi, rasa terbakar/heartburn, kembung dll
Untuk mengatasi sembelit, perbanyak konsumsi serat yang terdapat pada roti gandum, buah-buahan dan sayuran selain untuk membuat janin menyukai buah dan sayur saat ia lahir nanti.  Sebaiknya setelah ibu makan, ibu tidak langsung tidur tapi tunggu setidaknya 1 jam untuk menghindari timbulnya rasa terbakar pada ulu hati. 

WASPADAI :

-Muntah-muntah yang berlebihan / hiperemesis gravidarum
-Perdarahan pada usia kehamilan apalagi bila disertai rasa mulai pada usia kehamilan yang belum cukup bulan
-Pandangan kabur dan bengkak pada tungkai, nyeri kepala hebat disertai tekanan darah tinggi yang timbul tiba-tiba karena dapat merupakan gejala pre-eklampsia yang merupakan suatu keadaan emergensi
-Pecahnya ketuban tanpa disertai rasa mulas (kontraksi) berupa keluarnya air dari kemaluan

TANDA-TANDA PERSALINAN
Pada usia kehamilan yang cukup bulan, ibu harus mengenali tanda-tanda bahwa ia memasuki proses persalinan berupa keluarnya darah dan lendir dari kemaluan (bloody show) yang disertai rasa mulas (kontraksi) yang frekuensinya teratur dan bertambah sering. Bila ibu sudah mengalami gejala ini, siapkan perlengkapan yang diperlukan dan segera pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.  Bila dokter telah memeriksa dan sudah didapatkan pembukaan pada leher rahim, ibu tinggal selangkah lagi untuk menemui sang buah hati setelah sembilan bulan penuh warna-warni yang menyenangkan.

PENUTUP

Masa kehamilan sepatutnya dinikmati terlepas dari perubahan fisik maupun emosional yang mungkin dialami oleh calon ibu.  Sekarang telah tersedia banyak informasi seputar kehamilan yang dapat diakses baik lewat internet, buku, pamflet dsb sehingga calon ibu dapat memperkaya pengetahuan dan mengerti tentang kehamilannya sendiri selain berkonsultasi dengan dokter.  Setiap hari merupakan keajaiban saat ibu menyadari janin yang bertumbuh pesat dari hanya sekumpulan sel yang membelah berubah menjadi bayi yang lucu dalam dekapan setelah ia dilahirkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para calon ibu tak terkecuali calon ayah pula.  Akhir kata,   selamat menikmati kehamilan ibu!

dr. Sheila Agustini
-Fur meine Tochter-

MEDIKAHOLISTIK.COM