Tips Merawat Vagina

Bagi yang belum menikah, penting merawat bagian vagina. Apalagi bagi yang sudah menikah, lebih penting lagi loh, merawat organ intim ini. Sebab semua ini ada hubungannya dengan kebahagiaan suami. Kalau tidak percaya, buat yang sudah menikah, bisa kok ditanyain ke suaminya?

Intinya, baik yang sudah menikah ataupun yang belum menikah sangat penting merawat vagina agar tetap harum dan sehat. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Perawatan vagina harus dimulai dari kebersihan. Setiap mandi, jangan lupa membersihkan vulva vagina dari kotoran dengan air hangat yang mengandung herbal wash dan minyak aromatik. Atau bisa juga kamu membersihkan dengan rebusan air suruh yang hangat.

2. Perawatan dilanjutkan membersihkan daerah lipatan-lipatan vagina dilanjutkan dengan lipatan-lipatan paha, perut dan pantat. Gunakan scrub berbahan rempah misalnya cendana, akar wangi dan mawar. Scrub ini akan mengangkat sel kulit mati sehingga warna kulit yang gelap-gelap di sekitar vagina akan menjadi mulus.

3. Untuk perawatan mingguan, kamu bisa melakukan pijatan-pijatan di sekitar area vagina dengan menggunakan terapi aroma. Lakukan pijatan terutama di area otot-otot dasar panggul. Ini berguna untuk meningkatkan stamina vagina dan peredaran darah menjadi lancar.

4. Selain perawatan di atas, kamu juga harus melakukan perawatan vagina dari dalam, yaitu dengan minum ramuan-ramuan jamu tradisional yang bersifat antiseptik dan meningkatkan stamina tubuh dan vagina.

5. Agar stabilitas kesehatan vagina terjaga, sebaiknya jangan menggunakan celana yang ketat. Gantilah celana dalam sekurang-kurangnya 2-3 kali sehari.

6. Bagi yang sedang datang bulan, wajib mengganti pembalut sesering mungkin. Jangan biarkan pembalut menumpuk darah haid seharian karena bisa mengganggu kesehatan vagina.

7. Bagi yang sudah menikah, setelah berhubungan seks, jangan malas untuk membersihkan bagian luar vagina. Sebaiknya gunakan sabun khusus vagina.