Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah suatu anugrah yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada Manusia, jadi mau tidak mau kita harus selalu menjaga titipan Tuhan yang sangat berharga tersebut. Berikut ini ada beberapa Tips, yang dikutip dari beberapa sumber, yang mudah-mudahan dapat membantu anda.

1. Kontiniunitas dalam memeriksa mata
Disini anda perlu secara rutin memeriksa mata anda kepada dokter spesialis mata minimal 12 bulan sekali.

2. Memakai Kacamata saat musim panas tiba
Ketika memakai kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV. Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata.

3. Selalu mengkonsumsi Makanan yang bernutrisi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan dapat mencegah, atau paling tidak memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik bagi tubuh juga baik untuk mata.

4. Hindari berlama-lama di depan komputer dan Televisi
Bekerja dengan cahaya minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor. Warnanya memang jadi tak terlalu tajam, tapi mata akan jadi lebih nyaman.

5. Biarkan mata anda beristirahat
Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.

6. Jika adnda memakai lensa kontek, pilihlah yang terbaik
Tidak semua lensa kontak sama. Ada yang aman untuk mata Anda, dan ada juga yang beresiko merusak mata. Tahu apa yang ditawarkan industri lensa kontak modern akan membantu untuk membuat pilihan yang bijak, tidak begitu saja mengikuti apa kata dokter.

Lensa kontak tidaklah begitu merepotkan, tapi Anda juga tak dapat mengabaikan kebersihannya. Setiap kali akan memakai atau melepaskan lensa kontak Anda, bilaslah. Anda juga harus mengganti cairannya, ketika Anda menaruh di tempatnya waktu Anda tidur di malam hari.


Ada orang yang berbiat menghemat dengan memakai lensa kontak lebih lama daripada yang dimaksudkan. Ini bukanlah hal yang baik. Meskipun kulitas lensanya tidak akan berkurang, tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan Anda. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.